MESIN SEKRAP


Halloo…teman-teman, salam kompak buat kita semua pecinta ilmu teknik mesin. Pada saat ini postingan saya adalah mesin sekrap. Yang pastinya teman-teman sudah tau apa itu mesin sekrap, apalagi buat teman-teman SMK/STM dan lulusan dari SMK/STM yang sudah banyak tahu tentang mesin sekrap. Tapi bagi teman-teman yang belum tahu, berikut ini adalah sedikit pengertian tentang mesin sekrap yang bisa teman-teman pelajari.
Mesin sekrap merupakan mesin yang sederhana, bentuk umumnya adalah (gerak ram) horizontal, biasanya digunakan dalam bengkel pemeliharaan (tool room) untuk membuat satu atau beberapa benda kerja. Peralatannya sederhana dan selama proses tidak selalu harus dijaga operator.
Berikut ini adalah bagian – bagian dari mesin sekrap :

1. Ram: tempat melekatnya tool head yang dapat bergerak maju dan mundur melalui rel dan cowmn. Awal pemotongan dan panjang langkahnya dapat diatur sesuai keadaan.
2. Tool head: melekat pada bagian ram, yang berbentuk lingkaran, sehingga dapat dipakai untuk membuat sudut. Gerak tool head naik turun. Pemegang tool post dapat diputar beberapa derajat sehingga posisi pahat dapat diatur dengan baik.
3. Clopper box: melekat pada tool head melalui pena, sehingga pada gerak balik pahat potong dapat terangkat.
4. Meja: dapat bergerak kekiri dan kekanan, baik dengan cara manual maupun secara otomatis. Gerak meja merupakan gerak makan yang dilakukan pada saat pahat potong berada dalam posisi awal atau akhir pemotongan.
5. Saddle: dapat bergerak keatas dan kebawah (arah sumbu y) yang digerakan secara manual unutk mendekatkan posisi benda kerja terhadap pahat potong dan memperkirakan secara kasar kedalam potong yang diperlukan. Kedalaman potong yang sebenarnya diatur dengan memutar hand crank pada tool head.
6. Cowmn: mendukung ram dan sebagai rel dari saddle

Berikut ini adalah dimensi dari mesin sekrap
Dimensi mesin sekrap didasarkan atas beberapa ketentuan, diantaranya:
· Panjang maksimum dari langkah ram.
· Lebar maximum dari pemotongan tergantung pada gerak pada meja yang tersedia.
Benda kerja biasanya dipasang pada catok/ragum.

Berikut ini adalah kecepatan potong (cutting speed) pada mesin sekrap
Kecepatan potong pada mesin sekrap berbeda dengan kecepatan potong pada mesin bubut. Kecepatan potong pada mesin sekrap didefinisikan sebagai kecepatan rata – rata dari pahat selama langkah potong terutama tergantung pada banyaknya langkah ram tiap menit dan panjang dari langkahnya.

0 komentar: